detikcom
Sabtu, 20/04/2013 11:41 WIB

Daftarkan Diri Jadi Caleg, 6 Anggota KPU di Jabar Mengundurkan Diri

Tya Eka Yulianti - detikNews
Bandung - Sebanyak 6 orang anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah di Jabar resmi mengundurkan diri untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota legislatis (caleg) dari partai. Dari 6 yang mengundurkan diri tersebut, 1 diantaranya maju sebagai caleg DPR RI, sementara 5 lainnya untuk DPRD kabupaten dan kota.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat saat ditemui di Kantor KPU Jabar, Jalan Garut , Sabtu (20/4/2013).

Ia mengatakan, KPU Jabar sebelumnya telah memberikan batas waktu terakhir untuk menyerahkan surat pengunduran diri hingga 5 April 2013.

"Dalam rangka menyambut proses pendaftaran caleg lewat parpol yang mulai dibuka tanggal 9 April 2013 lalu, diinstruksikan kalau ada yang mau berminat, diberi deadline pengajuan pemberhentian tanggal 5 April, sehingga pada saat proses pendaftaran sudah tidak lagi anggota KPU," ujar Yayat.

Kemudian, KPU menerbitkan SK pemberhentian untuk 6 orang anggota KPU pada 8 April, sehari sebelum masa pendaftaran dibuka.

Enam orang anggota KPU yang mengundurkan diri yaitu, Ikin Sodikin dari KPU Cimahi yang mendaftar caleg untuk DPR dari PKB,Osin Permana, Ketua KPU Kabupaten Bandung yang mendaftar caleg untuk DPRD Kabupaten Bandung, Dadang, anggota KPU Garut yang mendaftar untuk DPRD Garut dari Partai Demokrat, Ketua KPU Sukabumi, Ase Riyadi mendaftar caleg DPRD Sukabumi dari Partai Golkar, serta Nanang Herdiyana dari KPU Ciamis yang mendaftar DPRD Ciamis dari Partai Demokrat.

Satu Orang lainnya, yaitu dari KPU Cianjur, Unang Margana yang mendaftar untuk calon anggota DPD.

"Sertijab sudah dilakukan. Sekarang KPU sudah bersih dari unsur partai," tuturnya.


Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(tya/avi)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
75%
Kontra
25%