detikcom
Sabtu, 20/04/2013 11:41 WIB

Daftarkan Diri Jadi Caleg, 6 Anggota KPU di Jabar Mengundurkan Diri

Tya Eka Yulianti - detikNews
Bandung - Sebanyak 6 orang anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah di Jabar resmi mengundurkan diri untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota legislatis (caleg) dari partai. Dari 6 yang mengundurkan diri tersebut, 1 diantaranya maju sebagai caleg DPR RI, sementara 5 lainnya untuk DPRD kabupaten dan kota.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat saat ditemui di Kantor KPU Jabar, Jalan Garut , Sabtu (20/4/2013).

Ia mengatakan, KPU Jabar sebelumnya telah memberikan batas waktu terakhir untuk menyerahkan surat pengunduran diri hingga 5 April 2013.

"Dalam rangka menyambut proses pendaftaran caleg lewat parpol yang mulai dibuka tanggal 9 April 2013 lalu, diinstruksikan kalau ada yang mau berminat, diberi deadline pengajuan pemberhentian tanggal 5 April, sehingga pada saat proses pendaftaran sudah tidak lagi anggota KPU," ujar Yayat.

Kemudian, KPU menerbitkan SK pemberhentian untuk 6 orang anggota KPU pada 8 April, sehari sebelum masa pendaftaran dibuka.

Enam orang anggota KPU yang mengundurkan diri yaitu, Ikin Sodikin dari KPU Cimahi yang mendaftar caleg untuk DPR dari PKB,Osin Permana, Ketua KPU Kabupaten Bandung yang mendaftar caleg untuk DPRD Kabupaten Bandung, Dadang, anggota KPU Garut yang mendaftar untuk DPRD Garut dari Partai Demokrat, Ketua KPU Sukabumi, Ase Riyadi mendaftar caleg DPRD Sukabumi dari Partai Golkar, serta Nanang Herdiyana dari KPU Ciamis yang mendaftar DPRD Ciamis dari Partai Demokrat.

Satu Orang lainnya, yaitu dari KPU Cianjur, Unang Margana yang mendaftar untuk calon anggota DPD.

"Sertijab sudah dilakukan. Sekarang KPU sudah bersih dari unsur partai," tuturnya.


Ratusan mahasiswa di universitas Samratulangi Manado saling serang. Belasan gedung perkuliahan hancur dan puluhan sepeda motor dibakar. Saksikan liputan lengkapnya dalam program "Reportase Malam" pukul 02.51 WIB hanya di Trans TV

(tya/avi)


Punya info seputar #LaluLintas? Jangan lupa kirim ke pasangmata.com .

Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Kamis, 17/04/2014 12:31 WIB
    Dirut PT KCJ: Jangan Dulu Berharap Kereta Tepat Waktu
    Gb "PT KAI menggunakan track untuk kereta penumpang dan barang. Komuter di track yang sama. Dan jangan berharap ada ketepatan waktu jika rel digunakan bersama," kata Dirut PT KCJ Tri Handoyo.
ProKontra Index »

Camat dan Lurah Tak Perlu Ada, Ganti Jadi Manajer Pelayanan Satu Atap

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) segera merealisasikan kantor kelurahan dan kecamatan menjadi kantor pelayanan terpadu satu pintu. Lurah dan camat bakal berfungsi sebagai manajer pelayanan. Ahok berpendapat lurah dan camat tak perlu lagi ada di Indonesia. Bila Anda setuju dengan gagasan Ahok, pilih Pro!
Pro
74%
Kontra
26%