Minggu, 14/04/2013 12:50 WIB

Soal UN Tingkat SMA di Kota Bandung Baru Didistribusikan Hari Ini

Baban Gandapurnama - detikNews
Bandung - Soal dan lembar jawaban ujian nasional (UN) 2013 tingkat SMA, SMK, dan MA untuk Kota Bandung baru didistribusikan hari ini, Minggu (14/4/2013). Hal itu karena pengiriman naskah UN yang terlambat.

Rencana sebelumnya, soal dan lembar jawaban UN akan didistribusikan ke subrayon pada Sabtu (13/4/2013) pukul 10.00 WIB. Namun soal baru diberangkatkan dari gudang soal di Cikarang, Bekasi pukul 20.00 WIB. Untuk Kota Bandung, soal baru tiba pukul 23.00 WIB di SMAN 8 Bandung, Jln. Solontongan, yang menjadi titik bongkar.

Pantauan detikcom, Minggu (14/4/2013), panitia pelaksana UN setiap subrayon dan tim independen yakni Pengawas Satuan Pendidikan Perguaran Tinggi dari Universitas Pasundan (Unpas) berkumpul di aula SMAN 8 Bandung, Jalan Solontongan, Kota Bandung. Mereka memilah soal dan lembar jawaban sesuai masing-masing sekolah penyelenggara UN. Soal dan lembar jawaban terbungkus dus cokelat itu tertera kertas segel bertulis, 'Dokumen Negara'.

Kasie Kurikulum SMA/SMK Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung Supanda mengatakan soal dan lembar jawaban UN 2013 yang diboyong dari Cibitung (Bekasi) menggunakan tiga truk box dengan pengawalan polisi, Disdik Jabar, serta tim independen, tiba di SMAN 8 Sabtu (13/4/2013) malam.

"Tadi pagi jam delapan, tiga truk besar berisi naskah dan lembar jawaban itu kuncinya dibuka. Proses membuka kunci disaksikan Pengawas Satuan Pendidikan Perguaran Tinggi, Disdik Kota Bandung, dan polisi," jelas Supanda saat ditemui di SMAN 8 Bandung.

Selanjutnya, kata Supanda, soal dan lembar jawaban UN untuk tingkat SMA, SMK, MA, SLB, dan Paket C, diambil panitia pelaksana subrayon dengan pantauan tim independen.

Subrayon SMA terbagi di lima sekolah masing-masing wilayah Barat (SMAN 4), Utara (SMAN 20), Timur (SMAN 23), Selatan (SMAN 7), dan Tenggara (SMAN 8). Subrayon SMK terbagi empat tempat yakni wilayah Selatan (SMKN 3), Utara (SMKN 1), Timur (SNKN 7), dan Barat (SMKN 12). Subrayon MA yaitu wilayah Timur (MA 2 Cibiru), dan Barat (MA 1 Cijerah). Untuk Paket C di SMA Maarif.

"Naskah soal dan lembar jawaban ini didistribusikan ke subrayon-subrayon. Jadi besok,penyelenggara di tiap sekolah mengambilnya. Selama pelaksanaan UN, setiap diambil Ketua Pantia Satuan Pendidikan Sekolah atau Kepsek didampingi tim independen," tutur Supanda.

Pelaksanaan UN 2013 tingkat SMA, SMK, dan MA, digelar mulai Senin 15 April hingga Kamis 18 April.


Seorang Balita Tercebur Ke Dalam Kuali Panas. Saksikan selengkapnya di "Reportase Pagi" pukul 04.30 - 05.30 WIB hanya di Trans TV

(bbn/ern)


Punya info seputar #LaluLintas? Jangan lupa kirim ke pasangmata.com .

Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Kamis, 17/04/2014 12:31 WIB
    Dirut PT KCJ: Jangan Dulu Berharap Kereta Tepat Waktu
    Gb "PT KAI menggunakan track untuk kereta penumpang dan barang. Komuter di track yang sama. Dan jangan berharap ada ketepatan waktu jika rel digunakan bersama," kata Dirut PT KCJ Tri Handoyo.
ProKontra Index »

Camat dan Lurah Tak Perlu Ada, Ganti Jadi Manajer Pelayanan Satu Atap

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) segera merealisasikan kantor kelurahan dan kecamatan menjadi kantor pelayanan terpadu satu pintu. Lurah dan camat bakal berfungsi sebagai manajer pelayanan. Ahok berpendapat lurah dan camat tak perlu lagi ada di Indonesia. Bila Anda setuju dengan gagasan Ahok, pilih Pro!
Pro
75%
Kontra
25%