Detik.com News
Detik.com
Minggu, 14/04/2013 12:50 WIB

Soal UN Tingkat SMA di Kota Bandung Baru Didistribusikan Hari Ini

Baban Gandapurnama - detikNews
Bandung - Soal dan lembar jawaban ujian nasional (UN) 2013 tingkat SMA, SMK, dan MA untuk Kota Bandung baru didistribusikan hari ini, Minggu (14/4/2013). Hal itu karena pengiriman naskah UN yang terlambat.

Rencana sebelumnya, soal dan lembar jawaban UN akan didistribusikan ke subrayon pada Sabtu (13/4/2013) pukul 10.00 WIB. Namun soal baru diberangkatkan dari gudang soal di Cikarang, Bekasi pukul 20.00 WIB. Untuk Kota Bandung, soal baru tiba pukul 23.00 WIB di SMAN 8 Bandung, Jln. Solontongan, yang menjadi titik bongkar.

Pantauan detikcom, Minggu (14/4/2013), panitia pelaksana UN setiap subrayon dan tim independen yakni Pengawas Satuan Pendidikan Perguaran Tinggi dari Universitas Pasundan (Unpas) berkumpul di aula SMAN 8 Bandung, Jalan Solontongan, Kota Bandung. Mereka memilah soal dan lembar jawaban sesuai masing-masing sekolah penyelenggara UN. Soal dan lembar jawaban terbungkus dus cokelat itu tertera kertas segel bertulis, 'Dokumen Negara'.

Kasie Kurikulum SMA/SMK Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung Supanda mengatakan soal dan lembar jawaban UN 2013 yang diboyong dari Cibitung (Bekasi) menggunakan tiga truk box dengan pengawalan polisi, Disdik Jabar, serta tim independen, tiba di SMAN 8 Sabtu (13/4/2013) malam.

"Tadi pagi jam delapan, tiga truk besar berisi naskah dan lembar jawaban itu kuncinya dibuka. Proses membuka kunci disaksikan Pengawas Satuan Pendidikan Perguaran Tinggi, Disdik Kota Bandung, dan polisi," jelas Supanda saat ditemui di SMAN 8 Bandung.

Selanjutnya, kata Supanda, soal dan lembar jawaban UN untuk tingkat SMA, SMK, MA, SLB, dan Paket C, diambil panitia pelaksana subrayon dengan pantauan tim independen.

Subrayon SMA terbagi di lima sekolah masing-masing wilayah Barat (SMAN 4), Utara (SMAN 20), Timur (SMAN 23), Selatan (SMAN 7), dan Tenggara (SMAN 8). Subrayon SMK terbagi empat tempat yakni wilayah Selatan (SMKN 3), Utara (SMKN 1), Timur (SNKN 7), dan Barat (SMKN 12). Subrayon MA yaitu wilayah Timur (MA 2 Cibiru), dan Barat (MA 1 Cijerah). Untuk Paket C di SMA Maarif.

"Naskah soal dan lembar jawaban ini didistribusikan ke subrayon-subrayon. Jadi besok,penyelenggara di tiap sekolah mengambilnya. Selama pelaksanaan UN, setiap diambil Ketua Pantia Satuan Pendidikan Sekolah atau Kepsek didampingi tim independen," tutur Supanda.

Pelaksanaan UN 2013 tingkat SMA, SMK, dan MA, digelar mulai Senin 15 April hingga Kamis 18 April.


Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase Sore" TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(bbn/ern)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Kamis, 26/03/2015 12:35 WIB
    Dirut Fahmi Idris: BPJS Tak Mungkin Bangkrut
    Dirut Fahmi Idris: BPJS Tak Mungkin Bangkrut Jumlah pengguna jaminan kesehatan nasional melonjak tajam pada tahun pertama penyelenggaraannya. Akibatnya, kondisi keuangan BPJS Kesehatan defisit. Klaim membengkak, lebih besar daripada premi yang diterima.
ProKontra Index »

Tolak APBD DKI 2015, Parpol Lembek dan Mengecewakan

DPRD DKI menolak penggunaan APBD DKI 2015 setelah tak mau membahasnya lewat rapat Badan Anggaran. Tokoh antikorupsi Buya Syafii Maarif mengatakan sikap partai lembek dan mengecewakan. "Mereka menolak isu anggaran siluman tetapi mendukung atau tidak menarik diri dari Hak Angket. Padahal, Ahok diangket karena jelas menolak anggaran siluman itu," kata Buya Syafii. Bila Anda setuju pendapat Buya Syafii, pilih Pro!
Pro
99%
Kontra
1%