detikcom
Jumat, 15/02/2013 08:56 WIB

Pecinta Musang Ngariung di Komunitas MBC

Avitia Nurmatari - detikNews
Bandung - Pecinta binatang kini sudah ramai membuat komunitasnya masing-masing. Tak hanya melulu komunitas binatang peliharaan lucu seperti kucing, kelinci atau anjing. Musang pun ternyata mulai banyak digemari untuk dipelihara.

Para pemelihara dan pecinta musang ini tergabung dalam Musang Bandung Community (MBC). Komunitas ini berdiri sekitar Mei 2022 lalu. Niatnya mulia, komunitas ini bertujuan untuk melestarikan musang dari ambang kepunahan.

"Karena sebagian daerah di Jabar, musang ini masih dianggap hama. Dagingnya juga masih ada yang sering mengonsumsi," ujar Ketua MBC Bandung, Arya, kepada detikbandung.

Melalui komunitas ini, lanjut Arya, diharapkan bisa ikut melestarikan musang yang sebagian jenisnya sudah hampir punah.

"Jangka panjangnya kita memang ingin juga bisa mengembangbiakan musang ini. Sudah ada pemikiran ke sana, tapi belum karena ilmu kita masih sedikit, dan orang banyak yang belum mengerti. Belum seperti kucing atau kelinci yang sudah umum," terang Arya.

Namun tanpa menyerah, komunitas yang beranggotakan sekitar 100 orang ini giat mensosialisasikan musang di tempat umum. Seperti di Monumen Perjuangan atau di Car Free Day.

"Kegiatan kita masih sebatas sosialisasi tentang musang. Bahwa musang itu bisa dijinakkan dan bisa jadi hewan rumahan," terangnya.

Tertarik untuk bergabung dengan komunitas ini, bisa kunjungi akun facebook: Musang Bandung Community.



Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(avi/ern)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
ProKontra Index »

Pilkada via DPRD Potensi Korupsinya Lebih Tinggi!

DPR hari ini akan mengesahkan RUU Pilkada yang salah satunya akan menentukan apakah pemilihan kepala daerah akan tetap dilakukan secara langsung atau dikembalikan ke DPRD. KPK berpandangan, Pilkada lewat DPRD justru potensi korupsinya lebih tinggi. Bila Anda setuju dengan KPK, pilih Pro!
Pro
58%
Kontra
42%
MustRead close