detikcom

Jumat, 15/02/2013 08:56 WIB

Pecinta Musang Ngariung di Komunitas MBC

Avitia Nurmatari - detikNews
Bandung - Pecinta binatang kini sudah ramai membuat komunitasnya masing-masing. Tak hanya melulu komunitas binatang peliharaan lucu seperti kucing, kelinci atau anjing. Musang pun ternyata mulai banyak digemari untuk dipelihara.

Para pemelihara dan pecinta musang ini tergabung dalam Musang Bandung Community (MBC). Komunitas ini berdiri sekitar Mei 2022 lalu. Niatnya mulia, komunitas ini bertujuan untuk melestarikan musang dari ambang kepunahan.

"Karena sebagian daerah di Jabar, musang ini masih dianggap hama. Dagingnya juga masih ada yang sering mengonsumsi," ujar Ketua MBC Bandung, Arya, kepada detikbandung.

Melalui komunitas ini, lanjut Arya, diharapkan bisa ikut melestarikan musang yang sebagian jenisnya sudah hampir punah.

"Jangka panjangnya kita memang ingin juga bisa mengembangbiakan musang ini. Sudah ada pemikiran ke sana, tapi belum karena ilmu kita masih sedikit, dan orang banyak yang belum mengerti. Belum seperti kucing atau kelinci yang sudah umum," terang Arya.

Namun tanpa menyerah, komunitas yang beranggotakan sekitar 100 orang ini giat mensosialisasikan musang di tempat umum. Seperti di Monumen Perjuangan atau di Car Free Day.

"Kegiatan kita masih sebatas sosialisasi tentang musang. Bahwa musang itu bisa dijinakkan dan bisa jadi hewan rumahan," terangnya.

Tertarik untuk bergabung dengan komunitas ini, bisa kunjungi akun facebook: Musang Bandung Community.



Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(avi/ern)


Setelah eksekusi 6 terpidana mati narkoba, dua negara menarik duta besarnya. Bagaimana perkembangan terkini? Simak di sini.


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Selasa, 27/01/2015 16:57 WIB
    Menteri Yohana Yembise: Kekerasan Anak Akibat Nikah Muda
    Gb Bagi Yohana Susana Yembise, jabatan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak adalah kepercayaan sekaligus menjadi simbol perjuangan atas dominasi adat di Papua, yang umumnya didominasi laki-laki. Yohana juga mengkhawatirkan tingkat kekerasan anak yang makin memprihatinkan.
ProKontra Index »

Jika Presiden Jokowi Berhentikan BW, BG Juga Harus Dinonaktifkan

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) mengajukan berhenti sementara karena menjadi tersangka di Polri. Menurut peneliti ICW, Donal Fariz, bila Presiden nanti menerima pengunduran diri BW, maka Presiden juga harus menonaktifkan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kapolri. Apalagi kasus yang menjerat Komjen BG lebih krusial, yakni korupsi dibanding kasus yang menjerat BW, pidana biasa. Bila Anda setuju dengan Donal Fariz, pilih Pro!
Pro
75%
Kontra
25%