detikcom
Jumat, 15/02/2013 08:56 WIB

Pecinta Musang Ngariung di Komunitas MBC

Avitia Nurmatari - detikNews
Bandung - Pecinta binatang kini sudah ramai membuat komunitasnya masing-masing. Tak hanya melulu komunitas binatang peliharaan lucu seperti kucing, kelinci atau anjing. Musang pun ternyata mulai banyak digemari untuk dipelihara.

Para pemelihara dan pecinta musang ini tergabung dalam Musang Bandung Community (MBC). Komunitas ini berdiri sekitar Mei 2022 lalu. Niatnya mulia, komunitas ini bertujuan untuk melestarikan musang dari ambang kepunahan.

"Karena sebagian daerah di Jabar, musang ini masih dianggap hama. Dagingnya juga masih ada yang sering mengonsumsi," ujar Ketua MBC Bandung, Arya, kepada detikbandung.

Melalui komunitas ini, lanjut Arya, diharapkan bisa ikut melestarikan musang yang sebagian jenisnya sudah hampir punah.

"Jangka panjangnya kita memang ingin juga bisa mengembangbiakan musang ini. Sudah ada pemikiran ke sana, tapi belum karena ilmu kita masih sedikit, dan orang banyak yang belum mengerti. Belum seperti kucing atau kelinci yang sudah umum," terang Arya.

Namun tanpa menyerah, komunitas yang beranggotakan sekitar 100 orang ini giat mensosialisasikan musang di tempat umum. Seperti di Monumen Perjuangan atau di Car Free Day.

"Kegiatan kita masih sebatas sosialisasi tentang musang. Bahwa musang itu bisa dijinakkan dan bisa jadi hewan rumahan," terangnya.

Tertarik untuk bergabung dengan komunitas ini, bisa kunjungi akun facebook: Musang Bandung Community.



Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(avi/ern)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
68%
Kontra
32%