detikcom
Sabtu, 08/09/2012 08:58 WIB

Masjid 'Piramida' Ikon Kota Batam

Baban Gandapurnama - detikNews
Bandung - Kubah masjid ini unik, tak seperti masjid pada umumnya. Masjid Agung Batam (MAB) memiliki kubah berdesain limas segi empat atau piramida. Masjid yang berada di Jalan Engku Putri atau tepatnya jantung kota ini, kini menjadi ikon Kota Batam.

"Bentuknya (atap) seperti piramida," ujar salah seorang warga Batam, Feri Surbakti (38), saat berbincang bersama detikcom.

Maka tidak salah, selain fungsi utama sebagai tempat ibadah umat muslim dan kegiatan syiar Islam, Feri menuturkan, kehadiran MAB menebar pesona daya tarik pariwisata.

Lokasinya strategis atau tepat di jantung kota Batam. Bersebelahan dengan Alun-alun, serta gedung Pemkot dan DPRD Batam.

"Ciri unik itu membuat bangga kami sebagai masyarakat Batam dan Kepulauan Riau," cetus pria

Masjid mulai dibangun pada 1999, dan rampung 2001. Siapa perancang masjid megah ini? Berdasakan penelusuran lewat dunia maya, sang pedesain ialah salah satu arsitek tersohor di Indonesia yakni Achmad Noeman. Achmad pernah pula merancang Masjid Salman Institut Teknologi Bandung (ITB) di Kota Bandung.

Terletak di lahan seluas 75 ribu meter persegi, MAB berdaya tampung 3.500 orang. Masjid terbesar di wilayah Batam ini awalnya menyemat nama Masjid Raya Batam. Lalu berganti jadi Masjid Agung Batam. Pergantian nama ditetapkan Kementrian Agama pada Juli 2010 dan ditindaklanjuti dengan SK Walikota Batam.

"Masjid ini kerap didatangi para pelancong. Ya, cocok untuk wisata religi," terang Feri.

Warga lainnya, Saeful (47), berucap senada. Ia menilai MAB sebagai ikon Batam. Dari Bandara Hang Nadim ke masjid jarak tempuhnya sekitar 20 menit.

"Orang Singapura, Malaysia, dan wisatawan nusantara, pasti melintasi masjid ini. Kalau boleh dibilang, inilah pintu masuk menyambut tamu yang datang ke Batam," terang Saeful.

Ratusan mahasiswa di universitas Samratulangi Manado saling serang. Belasan gedung perkuliahan hancur dan puluhan sepeda motor dibakar. Saksikan liputan lengkapnya dalam program "Reportase Malam" pukul 02.51 WIB hanya di Trans TV

(bbn/ern)


Punya info seputar #LaluLintas? Jangan lupa kirim ke pasangmata.com .

Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Kamis, 17/04/2014 12:31 WIB
    Dirut PT KCJ: Jangan Dulu Berharap Kereta Tepat Waktu
    Gb "PT KAI menggunakan track untuk kereta penumpang dan barang. Komuter di track yang sama. Dan jangan berharap ada ketepatan waktu jika rel digunakan bersama," kata Dirut PT KCJ Tri Handoyo.
ProKontra Index »

Camat dan Lurah Tak Perlu Ada, Ganti Jadi Manajer Pelayanan Satu Atap

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) segera merealisasikan kantor kelurahan dan kecamatan menjadi kantor pelayanan terpadu satu pintu. Lurah dan camat bakal berfungsi sebagai manajer pelayanan. Ahok berpendapat lurah dan camat tak perlu lagi ada di Indonesia. Bila Anda setuju dengan gagasan Ahok, pilih Pro!
Pro
74%
Kontra
26%