Selasa, 17/02/2009 08:25 WIB

Melongok Produksi Tahu Cibuntu video

Ema Nur Arifah - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bandung - Tahu Cibuntu. Siapa tak kenal dengan nama ini. Bagi ibu-ibu rumah tangga rasa tahu Cibuntu yang khas sering jadi incaran jika ingin memasak menu enak berbahan baku tahu. Dengan mudah tahu Cibuntu bisa didapatkan karena para pedagangnya berjualan langsung dari rumah ke rumah.

Seperti namanya, tahu Cibuntu berasal dari daerah Cibuntu, Kelurahan Babakan Ciparay, Kecamatan Bandung Kulon. Di daerah ini mayoritas penduduknya berprofesi sebagai perajin atau produsen tahu. Termasuk penduduk yang ada di Kelurahan Warung Muncang. Maka seringkali kawasan ini mendapat julukan blok tahu.

Menurut Ocen (57) salah seorang perajin tahu Boga Rasa mengatakan keberadaan tahu Cibuntu ini sudah ada lebih dari 30 tahun. Ocen sendiri tidak tahu pasti kapan tepatnya kawasan ini menjadi pusat memproduksi tahu. Tapi sejak dulu penduduk di kawasan ini memang sudah banyak yang berprofesi sebagai perajin tahu.

"Kalau para perintis atau sesepuhnya rata-rata sudah meninggal dunia. Saat ini dikelola oleh generasi penerusnya," tutur Ocen. Termasuk tahu Boga Rasa milik almarhum Amat Rahmat yang dikelolanya ini sudah berusia lebih dari 30 tahun.

"Mayoritas penduduk di sini jadi perajin tahu. Sekitar 80 persen lah," tuturnya. Para produsen atau perajin tahu ini tak hanya yang memproduksi dalam skala besar tapi ada juga perajin rumahan yang hanya memproduksi tahu dalam skala kecil. Ada yang menjadi produsen sekaligus pedagang yang berhubungan langsung dengan konsumen.

Untuk Boga Rasa sendiri, dalam satu hari bisa memproduksi 4 kuintal kedelai. Walaupun diakuinya jumlah tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan beberapa waktu lalu yang bisa mencapai 60 kuintal.

Menurut Ocen persaingan antara produsen tahu kini kian ketat. Banyak di antara para pedagang keliling yang kini juga beralih menjadi produsen dan memproduksi tahu sendiri dengan menyewa pabrik tahu untuk pembuatannya. Tak bisa ditolak jumlah pesaing pun terus bertambah.Next

Halaman 1 2

Ikuti berbagai peristiwa menarik yang terjadi sepanjang hari ini hanya di "Reportase" TRANS TV Senin - Jumat pukul 16.45 WIB

(ema/rks)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Jumat, 22/08/2014 12:40 WIB
    ANS Kosasih: Fokus Pelayanan Prima TransJ, Kurangi 1 Juta Perjalanan di 2017
    Gb PT Transportasi Jakarta baru saja dibentuk pada Maret 2014 lalu. PT Transportasi Jakarta ini masih mengalami masa transisi dari BLU UP TransJakarta. Fokus mereka menggunakan teknologi untuk meningkatkan pelayanan menjadi prima hingga bisa mengurangi 1 juta perjalanan di tahun 2017 nanti.
ProKontra Index »

Pemprov DKI Larang Aplikasi Taksi Uber

Baru diluncurkan sepekan, aplikasi penghubung taksi Uber langsung mendapat respons negatif dari Pemprov DKI. Alasan pelarangannya, mulai dari tak ada izin, tak ada kantor, tak mengikuti tarif resmi, berpelat hitam sehingga dikhawatirkan merugikan konsumen. Bila Anda setuju dengan Pemprov DKI yang melarang aplikasi taksi Uber, pilih Pro! Bila tidak setuju pelarangan taksi Uber, pilih Kontra!
Pro
82%
Kontra
18%