Detik.com News
Detik.com
Kamis, 15/01/2009 07:59 WIB

Makam Dalem Karanganyar dan Dewi Sartika video

Ema Nur Arifah - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bandung - Kompleks pemakaman Bupati Bandung yang ada di Bandung ada di tiga tempat, makam utama dimana Adipati Wiranatakusumah I dimakamkan terletak di Dayeuhkolot, lalu makam Rd Adipati Wiranatakusumah II di Dalem Kaum, dan makam R.A Wiranatakusumah III (Dalem Karanganyar), Bupati Bandung ke VII di Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Astana Anyar. Tempat ini juga tempat dimakamkannya pahlawan nasional pejuang emasipasi wanita dari Jawa Barat Dewi Sartika.

Lokasi komplek pemakaman ini tidak terlalu jauh dengan kompleks pemakaman Bupati Dalem Kaum yaitu di Jalan Karang Anyar. Tinggal lurus ke arah barat dari Jalan Dalem Kaum. Memasuki perempatan Jalan Otista-Jalan Dalem Kaum belok ke kiri.

Gapura besar bertuliskan "Makam Boepati Bandung dan Pahlawan Nasional Dewi Sartika" akan ditemukan beberapa meter kemudian. Memasuki jalan ini deretan penjual bunga, seperti sedap malam termasuk juga penjual janur menyambut di pinggir jalan.

Jarak menuju makam bisa dua kali lipat jarak dari jalan besar menuju makam di Dalem Kaum. Makam seluas 3 ribu meter persegi ini jelas lebih besar dari makam Dalem Kaum.

Menurut panjaga makam, Kardi (60) pemakaman ini terdiri dari 1200 makam. Meskipun jika dihitung menurut jumlah jenazah akan bisa lebih dari 1200. Keterbatasan lahan membuat beberapa jenazah disatukan dalam satu makam.

Sama halnya dengan makam Dalem Kaum, pemakaman ini memiliki satu bangunan induk. Di dalam bangunan ada sekitar 40 makam. Tiga diantaranya adalah makam Bupati Bandung keturunan Raden Adipati Wiranatakusumah lengkap dengan potretnya di depan nisan makam termasuk makam R.A Wiranatakusumah III (Dalem Karanganyar).

Makam Dalem Karanganyar menempati petak yang lebih khusus dari makam lainnya. Dalem Karanganyar yang memerintah dari tahun 1829-1846 yang pertama kali menempati makam ini di tahun 1947.Next

Halaman 1 2

Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(ema/ahy)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Jumat, 17/04/2015 20:40 WIB
    Wawancara
    Luhut Panjaitan: Persiapan KAA Super Singkat
    Luhut Panjaitan: Persiapan KAA Super Singkat Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Luhut Binsar Panjaitan ditunjuk sebagai penanggung jawab peringatan 60 tahun KAA. Hanya tersedia waktu kurang lebih 6 minggu bagi panitia untuk mengadakan persiapan.
ProKontra Index »

Jokowi Presiden Pilihan Rakyat, Bukan Presiden Partai!

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri mengungkap hukum demokrasilah yang mengatur presiden dan wapres ikut garis politik partai. Namun pengamat politik Universitas Paramadina Hendri Satrio membantah pernyataan Mega, karena presiden adalah pilihan rakyat, bukan presiden partai. Bila Anda setuju dengan pendapat Hendri Satrio, pilih Pro!
Pro
94%
Kontra
6%