detikcom
Kamis, 27/11/2008 14:08 WIB

BPOM Bandung Sita 50 Kosmetik yang Tak Terdaftar foto

Baban Gandapurnama - detikNews
Bandung - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Bandung merazia toko kosmetik di pusat perbelanjaan ITC, Kamis siang (27/11/2008). Namun, tak ditemukan 27 produk kosmetik yang ditarik BPOM karena mengandung merkuri, asam retinoat, merah K3, rodamin B, dan rodamin. Meski demikian, BPOM tetap menyita 50 kosmetik dari berbagai merek.

Sekitar empat orang petugas mendatangi toko-toko kosmetik yang ada di ITC. Kedatangan petugs BPOM ini sontak mengundang perhatian para pengunjung mal. Meski tidak menemukan, namun petugas BPOM mengamankan produk kosmetik yang tidak mencantumkan nomor registrasi dan tidak terdaftar di BPPOM.

Salah seorang Petugas BPOM, Endang Yaya, mengatakan pihaknya sengaja membawa 50 produk dari berbagai merek karena tidak mencantumkan nomor registrasi dan tidak terdaftar di BPOM. "Ini termasuk ilegal. Tentu saja para pemilik toko ini akan dikenai sanksi," ujar Endang tanpa mau merinci sanksi yang akan diberikan.

Ada sekitar 50-an produk dari berbagai merek yang dibawa seperti vitamin rambut merek meina-shu dan lulur keraton whitening.

Sementara itu, ternyata masih banyak warga yang belum mengetahui 27 produk kosmetik yang dilarang. Misalnya Risna (49), salah seorang pengunjung ITC. Dia mengaku tidak tahu kalau ada produk kosmetik yang dilarang.

"Baru hari ini saya tahu Blossom dilarang, padahal saya sudah pakai Blossom lima bulan. Tapi hari ini saya memang sudah berhenti. Bukan karena sudah tahu Blossom dilarang, tapi memang sudah engga enak dipakai di muka," ujarnya.

Seperti diketahui BPOM pusat menarik 27 produk kosmetik yang mengandung merkuri, yaitu Doctor Kayama whitening day cream, Doctor Kayama night cream, Blossom day cream, Blossom night cream, Cream malam, day cream vitamun E dan herbal, Night cream vitamin E herbal, Kosmetik Ibu Sari krim siang, krim malam, Meei Yung (putih), Meei Yung (kuning), New Rody special (putih), Shee Na whitening pearl cream.

Sementara produk yang mengandung asam retinoat, yaitu MRC putri salju cream dan MRC PS Crystal cream. Produk mengandung merah K3, yaitu Aily cake two in one eye shadow, Nuobeier pro make-up blusher, sutsyu eye shadow.

Yang mengandung rodamin B, yaitu Baolishi eye shadow, Cressida eye shadow, Kai eye shadow & Blush on, dan Meixue Yizu Eye Shadow. Sementara yang mengandung rodamin hanya satu yaitu Comeo make-up kit three in one two way cake and multi eye shadow.

Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(ern/ern)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
72%
Kontra
28%