DetikNews
Senin 02 Mei 2016, 00:00 WIB

Dalam 24 Jam, Aplikasi Pembayaran Inovatif Tercipta di Finhacks 2016 (1)

Advertorial - detikNews
Dalam 24 Jam, Aplikasi Pembayaran Inovatif Tercipta di Finhacks 2016 (1)
Jakarta -

Di ajang Financial Hackathon (Finhacks) 2016, sebanyak 59 tim peserta berlomba adu kreativitas di bidang teknologi informasi (TI) dengan menciptakan produk inovatif di bidang financial technology (fintech).

Di ajang perdana ini, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkolaborasi dengan Daily Social menyelenggarakan Finhacks dengan tema #HackByTheBeach karena kompetisi berlangsung di pinggir pantai, tepatnya di Segarra, Ancol pada 23 hingga 24 April 2016.

Finhacks sendiri merupakan salah satu bentuk komitmen BCA mendukung pertumbuhan layanan e-commerce di Indonesia.

"Umumnya, acara semacam ini diadakan dalam ruangan. Kami memilih pantai agar peserta bisa merasa lebih bebas berkreasi. Jadi, ketika tengah malam peserta sudah mulai merasa lelah dan penat, mereka bisa sejenak beristirahat di pinggir pantai, menyegarkan tubuh kembali dengan menikmati udara laut," ujar Jahja Setiaatmadja selaku Presiden Direktur BCA saat ditemui di Finhacks 2016.

Sekitar 180 orang peserta yang terbagi dalam 59 tim dari berbagai daerah di Indonesia ini adu kebolehan menciptakan produk aplikasi pembayaran inovatif.

Dalam kurun 24 jam, para peserta yang terdiri dari kelompok pelajar, pengembang profesional, dan pelaku start-up ditantang menciptakan aplikasi keuangan untuk mengakomodasi kebutuhan pembayaran berbagai jenis tagihan.

Jahja berharap acara ini bisa menjadi wadah yang bisa diakui dan memacu para pelaku TI dalam mengembangkan berbagai aplikasi keuangan.

"Memang ada bank yang konservatif. Namun, di sisi lain bank memiliki sesuatu yang dekat dengan kebutuhan masyarakat. Teknologi makin berkembang, kalau kami tidak mengikuti perkembangan zaman, kami (bank) ketinggalan nantinya," jelas Jahja.

Setelah 24 jam bekerja menciptakan aplikasi sejak Sabtu (23/4), para peserta akhirnya berkesempatan mempresentasikan aplikasi buatan mereka di hadapan para juri.

Juri yang hadir antara lain Andrew Darwis (Fonder Kaskus), Axel Grosse (Axway API lead), Edward I. Chamdani (Managing Partner Ideosource), Anton Soeharyo (CEO dan Founder Touchten), Razi Thalib (CEO dan Founder Setipe), Stefanie Suanita (GDP Labs) serta Rama Mamuaya dan Tommy Dian P. (Dailysocial).

"Jujur, aplikasi-aplikasi yang mereka ciptakan unik-unik. Mereka bukan hanya membuat software tapi juga menciptakan produk elektronik yang berfungsi sebagai sensor untuk mendukung aplikasi mereka," ujar Andrew.

Berlanjut ke bagian kedua.


(adv/adv)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed